Selasa, 13 November 2012

FAUNA KECIL (DUNIA FAUNA)

FAUNA KECIL DI HUTAN

1. ARACHNOIDEA
    A. LABA-LABA
     Arachnoidea disebut juga kelompok laba-laba, meskipun meskipun anggotanya bukan laba-laba saja. Kalajengking adalah salah satu contoh kelas Arachnoidea yang jumlahnya sekitar 32 spesies. Ukuran tubuh Arachnoidea bervariasi, ada yang panjangnya lebih kecil dari 0,5 mm sampai 9 cm. Arachnoidea adalah hewan terestrial (darat) yang hidup secara bebas maupun parasit. Scorpionida memiliki alat penyengat beracun pada segmen abdomen terakhir, contoh hewan ini adalah kalajengking (Uroctonus Mordax).

     Pada Arachnoidea, abdomen tidak bersegmen dan memiliki kelenjar beracun pada kaliseranya (alat sengat), contoh hewan ini adalah Laba-laba serigala, laba-laba kemladingan.Berikut adalah ciri-ciri salah satu hewan Arachnoidea yang sering kita jumpai, yaitu laba-laba dan kalajengking.

2. MYRIAPODA 
     Myrapoda merupakan hewan berkaki banyak. Hewan kaki seribu adalah salah satunya yang terkadang kita lihat dilingkungan sekitar kita. Myriapoda dibedakan menjadi dua ordo, yaitu Chilopoda dan Diplopoda.
A.CHILOPODA
kelomopk hewan ini dikenal sebagai kelabang. Tubuhnya memanjang dan agak pipih. Pada kepalanya terdapat antena dan mulut dengan sepasang mandibula dan dua pasang maksila. Pada tiap segmen tubuhnya terdapat kaki dan sepasang spirakel. Pasangan pertama kaki termodifikasi menjadi alat beracun. Alat penyengat untuk menyengat musuh atau pengganggunya. Sengatnya menimbulkan bengkak dan rasa sakit.
 

* KELABANG AMERIKA SELATAN
     Kelabang umumnya paling panjang 3cm, akan tetapi kelabang yang hidup di Amerika Selatan panjangnya mencapai 25cm dengan makanan kegemarannya tikus, cecak dan bunglon.
 
B. DIPLOPODA
     Contoh yang masuk dalam kelompok ini adalah keluwing, atau dikenal dengan nama kaki seribu walaupun jumlahnya kakinya tidak berjumlah seribu. Tubuhnya bulat panjang. Mulutnya terdiri dari dua pasang maksila dan bibir bawah. Pada setiap segmen tubuhnya terdapat dua pasang kaki dan dua pasang kaki dan dua pasang spirakel. Gerakan hewan ini lambat dengan kaki yang bergerak seperti gelombang. bila hewan ini tergganggu dia akan menggulungkan tubuhya dan pura-pura mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar